Rabu, 24 Februari 2010

JENIS JENIS SEPEDA GUNUNG (MTB)


Cross Country

Kategori sepeda gunung ini merupakan paling popular di Indonesia, menurut saya loh… dimana tipe ini cukup extreme, rider pun harus super fit karena biasanya trek of road yang di lewati termasuk berat seperti uphill dan down hill juga jalur yang berkelok.

Ini merupakan kombinasi antara sepeda road dan mountin bike. Hampir mirip dengan Cross Country namun biasanya trek yang dilalui tidak berat.

Dirt Jumping merupakan perkembangan dari BMX dimana rider melakukan trick di udara dengan melewati jumpingan dan biasanya lebih dari 1 obstacle dalam sekali run.

Downhill

Downhill merupakan perkembangan dari mountin bike untuk racing. Dimana rider adu cepat melintasi trek menuruni bukit dengan tingkat kesulitan yang tinggi, dan dengan catatan waktu tercepatlah yang di butuhkan Downhill merupakan cabang mountain bike yang sangat Extreme.

Freeride

Bersepeda dengan tidak menggunakan jalur atau trek yang baku atau yang sudah di tentukan. Rider bebas menentukan jalurnya sendiri dengan menuruni bukit atau melompati obstacle, bebas sesuai keinginan.

Single Speed

Sepeda di set dengan sangat simple hanya mengunakan 1 gear (Fixed gears), frame yang di gunakan biasanya jenis cross country tanpa menggunakan rem, sangat simple dan ringan.

Street and Urban

Tipe riding ini tidak memerlukan tempat khusus, cukup menggunakan area di lingkungan kita seperti taman, tempat parking, trotoar, dimanapun asal bisa melakukan trik melewati rintangan sperti bunnyhop, manual, grind

Trials

Sepeda ini hampir tidak terlihat seperti sepeda mountain bike, karna biasanya menggunakan ban berukuran 20” ada juga yang 26” frame yang kecil dan rendah. Trial rider harus melompati rintangan rintangan membutuhkan keseimbangan dan konsentrasi tinggi dan tak kalah penting adalah power yang mumpuni.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar